Total Tayangan Halaman

Kamis, 25 September 2014

7 Bangunan Luar Biasa di Dunia

Foto: Capital Gate di Abu Dhabi, UEA, bangunan paling miring di dunia/Google
Capital Gate di Abu Dhabi, UEA, bangunan paling miring di dunia/Google

Bangunan bukan hanya struktur tempat orang tinggal atau bekerja. Bangunan adalah karya seni. Arsitek desain dan insinyur membangun karya seni luar biasa yang melawan grafitasi, menggabungkan kreativitas ekstrim, dan memutar kepala. Berikut tujuh bangunan yang paling tidak biasa di dunia seperti yang dirilis Amerikanki:

1. Gedung Fuji TV, Tokyo, Jepang
Kantor pusat 
Fuji
 TV adalah salah struktur paling unik di dunia. Gedung ini sangat besar, setinggi 105 kaki (32 meter) dilengkapi bola besar warna perak dengan berat 1.200 ton adalah fitur pada bangunan logam ini. Awalnya dibangun bola perak itu dibangun di tanah kemudian diangkat ke posisi 403 kaki (123 m) dari permukaan tanah. Digunakan sebagai dek observasi pemandangan kawasan Odaiba dan Tokyo Bay.
Gedung ini dirancang oleh Kenzo Tange, terdiri dari 25 lantai dan tidak tradisional dalam setiap arti kata. Bangunan ini sepenuhnya tahan gempa terdiri dari dua bangunan kokoh yang dihubungkan oleh serangkaian trotoar dan menara sempit. Arsitektur yang unik memungkinkan bangunan ini cocok di daerah tepi pantai di mana ia berada.


2. Twisting Torso, Malmö, Swedia
Disebut juga HSB Turning Torso. Berdiri 623 kaki (190 m), Twisting Torso selesai dibangun pada 2005. Sebuah patung menginspirasi arsitek Spanyol, Santiago Calatrava, yang merancang bangunan ini agar terlihat berputar seperti tali. Ada sembilan segmen segi lima (pentagon) yang memiliki cerita masing-masing, ditempatkan berimbang satu sama lain untuk menciptakan efek memutar. Ada 54 lantai secara keseluruhan. Segmen di atas diatur 90 derajat searah jarum jam hingga ke bagian paling bawah.


3. Atomium, Brussels, Belgia
Antomium adalah sebuah bangunan yang awalnya dibangun untuk Brussels World Fair 58 pada 1958. Bangunan ini dirancang oleh André Waterkeyn, seorang insinyur, dan dua arsitek André dan Jean Polak. Bangunan stainless steel ini setinggi 335 kaki (102 m) dan memiliki sembilan bidang dihubungkan bersama dalam bentuk sel satuan kristal besi.
Tabung menghubungkan bola dengan 12 kubus menjadi delapan simpul ke pusat. Bangunan ini dilengkapi sskalator dan lift di tabung dan saling menghubungkan. Sering digunakan untuk acara-acara publik. Keempat bola tertinggi tidak aman dan terbatas untuk orang.


4. 
National
 Centre for the Performing Arts, Beijing, Tiongkok
Sering disebut sebagai "telur raksasa," opera house ini berkapasitas 5.452 kursi di tiga ruang terpisah. Seorang desainer Prancis, Pau Andreu, merancang bangunan ini dan menghabiskan waktu enam tahun untuk menyelesaikannya. Konser perdana di gedung ini berlangsung pada 2007.
"The Giant Egg" terdiri dari kubah raksasa 151 kaki (46 m). Dari timur ke barat setinggi 695 kaki (212 m) dan 472 kaki (144 m) dari utara ke selatan. Untuk memasuki gedung, pengunjung berjalan melalui lorong di bawah danau.


5. Krzywy Domek, Sopot, Polandia
Disebut juga "Rumah Bengkok" atau The Crooked House. Dibangun pada 2004, Krzywy Domek adalah bangunan dengan struktur tidak teratur. Bangunan ini menjadi bagian dari pusat perbelanjaan Rezydent. Szotynscy dan Zaleski, yang merancang bangunan ini, terinspirasi oleh gambar dari cerita dongeng Jan Marcin. Dari luar, tampak tidak ada dinding lurus dari bangunan ini. Garis melengkung memberikan kesan aneh pada bangunan ini.


6. Museum of Contemporary Art, Rio de Janeiro, Brasil
Oscar Niemeyer merancang bangunan melingkar ini yang tampak muncul dari dalam tanah. Menurut Niemeyer,  bangunan ini muncul seperti bunga dari dalam batu.  Museum Seni Kontemporer dengan kelengkungan ganda ini dibangun di tebing, melambangkan mercusuar untuk melihat teluk. Bangunan ini setinggi 16 meter, memiliki kubah berdiameter 50 m dengan tiga lantai.


7. Capital Gate, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab
Salah satu bangunan kaca tertinggi di Abu Dhabi adalah Capital Gate. Bangunan ini bersandar lebih dari Menara Miring Pisa. Menurut Guinness Book of World Records, keajaiban arsitektur ini adalah "Menara buatan manusia paling miring di dunia." Bangunan setinggi 520 kaki (160 m) dan terdiri dari 35 lantai ini memiliki kemiringan 18 derajat ke barat, empat kali kemiringan Menara Pisa, Italia. 

Tidak ada komentar: